Membuat Bentuk (Shape) di Inkscape


Mari membuat berbagai bentuk (shape) dengan Inkscape! Langkah pertama, buka aplikasi Inkscape dan buat halaman kosong. Kemudian, klik pada alat Persegi Panjang di toolbar di sebelah kiri (atau tekan tombol R), lalu klik dan seret di halaman kosong.


Seperti yang bisa dilihat, bentuk persegi panjang default muncul dengan warna biru sebagai isian dan garis tepi hitam. Namun, kita bisa mengubahnya sesuai dengan preferensi kita. Selain persegi panjang, Inkscape juga memiliki alat untuk membuat elips, bintang, dan spiral.


Alat-alat ini disebut shape tools. Setiap bentuk yang dibuat akan memiliki satu atau lebih handle (pegangan). Kita dapat mencoba klik dan menarik pegangan-pegangan tersebut untuk melihat bagaimana bentuknya berubah. Selain itu, kita juga dapat menggunakan alat di control bar untuk mengatur bentuk yang sedang dipilih (bentuk yang menampilkan pegangan) dan menetapkan pengaturan default yang akan berlaku untuk bentuk-bentuk baru yang akan dibuat.

Jika ingin membatalkan tindakan, cukup tekan tombol Ctrl+Z atau, jika Anda ingin mengembalikan tindakan yang telah dibatalkan, gunakan tombol Ctrl+Shift+Z.

Komentar