Membuat dan Mengelola Dokumen di Inkscape


Inkscape adalah perangkat lunak grafis vektor yang dapat kita gunakan untuk membuat dan mengelola dokumen. Berikut beberapa langkah dasar untuk membuat dan mengelola dokumen menggunakan Inkscape.


1. Membuat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru, kita dapat menggunakan opsi File > New atau tekan Ctrl + N pada keyboard. Ini akan membuat dokumen baru tanpa konten apapun. Dan jika kita ingin membuat dokumen baru menggunakan salah satu template yang telah disediakan oleh Inkscape, kita dapat menggunakan opsi File > New from Template... atau tekan Ctrl+Alt+N.


2. Membuka Dokumen yang Sudah Ada

Jika ingin membuka dokumen SVG yang sudah ada, kita dapat menggunakan opsi File > Open (Ctrl+O). Ini akan membuka jendela penjelajah file di mana kita dapat mencari dan memilih dokumen yang ingin di buka.


3. Menyimpan Dokumen

Untuk menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan, kita dapat menggunakan opsi File > Save (Ctrl+S). Jika ingin menyimpan dokumen dengan nama baru, kita dapat menggunakan opsi File > Save As (Shift+Ctrl+S). Disarankan untuk menyimpan dokumen secara berkala dengan menggunakan opsi "Save" agar tidak kehilangan perubahan desain yang sudah di buat.


4. Format File yang Didukung

Inkscape menggunakan format SVG (Scalable Vector Graphics) untuk menyimpan dokumen. Format SVG adalah standar terbuka yang didukung secara luas oleh software grafis. File SVG berbasis XML dan dapat diedit dengan menggunakan editor teks atau editor XML apa pun, kecuali Inkscape itu sendiri. Selain format SVG, Inkscape juga dapat mengimpor dan mengekspor banyak format file lainnya. kita dapat menemukan daftar format file yang didukung dalam dialog Save dan Import.


5. Mengelola Jendela Dokumen

Inkscape membuka jendela dokumen terpisah untuk setiap dokumen yang di buka. Kita dapat berpindah antara jendela dokumen menggunakan manajer jendela pada sistem operasi (misalnya dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + Tab), atau menggunakan shortcut Inkscape, yaitu Ctrl + Tab, yang akan melalui semua jendela dokumen yang terbuka. Coba buat dokumen baru dan beralih antara dokumen baru tersebut dan dokumen yang sudah ada untuk latihan. Perlu diperhatikan bahwa Inkscape memperlakukan jendela-jendela ini seperti tab di browser, yang berarti shortcut Ctrl + Tab hanya berfungsi dengan dokumen yang berjalan dalam proses yang sama. Jika kita membuka beberapa file dari penjelajah file atau menjalankan lebih dari satu proses Inkscape dari satu icon, shortcut ini mungkin tidak berfungsi.


Dengan menggunakan Inkscape, kita dapat dengan mudah membuat dan mengelola dokumen grafis vektor dengan berbagai fitur dan fungsi yang disediakan. 

Komentar