Penggunaan Grid dalam Desain Icon


Mungkin kita pernah melihat icon keren yang menggunakan grid. Misalnya, icon di iOS atau Material Design. Tapi sebenarnya, grid itu tidak terlalu penting. Jangan salah paham, grid memang bisa membantu, tapi sebenarnya tidak wajib.

Banyak orang kesulitan memulai membuat icon set pertama mereka hanya karena mereka tidak tahu bagaimana mengatur grid. Padahal sebenarnya, untuk membuat icon set pertama, kita tidak perlu menggunakan grid.

Memang bagus jika bisa menggunakan grid, tapi sebelum itu, sebaiknya membuat ribuan icon terlebih dahulu agar paham tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan grid.


Apa sebenarnya grid icon itu?

Grid icon adalah panduan atau aturan yang dibuat pada art board untuk menjaga konsistensi dalam membuat icon set. Ini adalah struktur yang teratur di mana icon set kita akan dibuat. Semacam guidelines atau garis pembantu.


Kapan menggunakan grid?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan grid mungkin terlalu dibesar-besarkan. Tetapi ada beberapa situasi di mana penggunaannya sangat penting.

Grid icon harus digunakan jika kita membuat icon set. Semakin banyak icon yang perlu dibuat dalam style yang sama, semakin harus grid digunakan. Ikuti panduan grid tersebut untuk membuat icon set yang konsisten.

Skenario lain di mana perlu menggunakan grid adalah ketika kita membuat icon untuk platform yang sudah ada yang memiliki grid icon. Misalnya, jika icon yang ditujukan untuk iOS atau Android, lebih baik menggunakan grid icon mereka sendiri. Karena grid membantu memastikan semua icon di platform tetap konsisten.

Grid juga berguna jika kita tahu bahwa orang lain akan membuat icon ini di masa depan. Misalnya, ketika kita hanya membuat icon dengan style umum, dan orang lain akan melanjutkannya untuk membuat bagian icon set lainnya. Grid adalah seperangkat aturan yang perlu Anda ikuti agar icon konsisten, sehingga desainer lain tahu dari awal elemen dengan ukuran apa yang harus mereka gunakan dan bagaimana mereka harus ditempatkan di art board.


Bagaimana menggunakan grid?

Bisa dikatakan bahwa semua icon set yang hebat memiliki grid, tetapi icon set yang buruk mengikuti grid terlalu ketat. Jangan mengorbankan kejelasan pesan icon yang kita buat hanya agar dapat masuk ke dalam grid. Grid icon hanya membantu sedikit untuk membuat icon set yang konsisten, dan itu tidak cocok untuk setiap icon.

Kita bisa menggunakan grid icon yang sederhana seperti contoh dibawah ini:


Pada akhirnya, keputusan penggunaan grid icon tergantung pada preferensi dan kebutuhan kita sebagai desainer. Terkadang grid sangat penting untuk menjaga konsistensi, tetapi ada juga situasi di mana aturan-aturan grid tidak harus diikuti. Penting untuk memahami tujuan dan konteks setiap proyek icon yang kita kerjakan. Dengan pemahaman yang baik, kita dapat membuat icon yang menarik dan efektif tanpa bergantung terlalu banyak pada grid.

Komentar