Mencari Ide Icon yang Menarik


Membuat icon yang berkaitan dengan salah satu passion, seharusnya mudah bagi kita untuk mengetahui simbol apa yang paling mewakili passion tersebut. Namun, bagi banyak desainer, menemukan ide-ide icon yang kreatif dan orisinal dapat menjadi tantangan tersendiri. Berikut ini beberapa langkah untuk membantu dalam proses pencarian ide-ide icon yang menarik.


1. Mulai dengan Brainstorming

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah brainstorming. Caranya cukup sederhana, kita hanya perlu duduk di meja dengan pena dan kertas, dan tuliskan segala sesuatu yang muncul dalam pikiran mengenai topik yang akan dibuat. Jangan biarkan diri kita terlalu terbatasi oleh rasa takut atau keraguan, tulislah semua yang muncul dalam pikiran. Ingat, pada tahap ini, tujuannya adalah menciptakan sebanyak mungkin ide icon. Tidak perlu khawatir tentang kualitas atau kelayakan ide pada saat ini.


2. Jelajahi Internet

Jika Anda merasa kehabisan ide atau ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi, coba jelajahi internet. Lakukan pencarian gambar di Google dengan kata kunci terkait topik icon yang ingin dibuat. Internet adalah ladang inspirasi yang tak terbatas. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Situs-situs microstock atau marketplace seperti Iconfinder, Creative Market, atau NounProject juga bisa menjadi sumber inspirasi.


3. Melibatkan Orang Lain

Kolaborasi dengan orang lain bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghasilkan ide-ide icon yang segar dan inovatif. Ketika berkumpul dengan teman-teman atau kolega, berikan topik tentang kumpulan icon yang akan kita buat, dan minta mereka untuk mencari ide apa pun yang terkait dengan topik tersebut. Kita akan terkejut sejauh mana pikiran manusia berjalan dan menariknya ketika setiap orang mulai mengutarakan ide yang mereka punya. Kita akan mendapatkan banyak ide untuk kumpulan icon yang sebelumnya belum pernah kita pikirkan. Jangan hanya sekedar menuliskannya saja tapi coba juga digambarkan ide-ide tersebut dengan sketsa sederhana.


4. Eksperimen dan Mengembangkan Ide

Setelah berhasil mengumpulkan beragam ide dari brainstorming dan kolaborasi, saatnya untuk mulai mengembangkannya. Eksperimen dengan berbagai bentuk, warna, dan detail untuk mencari tahu mana yang paling sesuai dengan konsep dan tujuan icon yang dibuat. Jangan ragu untuk mencoba hal baru dan tidak terpikirkan sebelumnya. Beberapa ide mungkin perlu disempurnakan atau dikombinasikan untuk menciptakan icon yang lebih menarik.


Dalam proses pencarian ide-ide icon yang kreatif, jangan pernah takut untuk berpikir di luar kotak, eksplorasi, dan menggali berbagai imajinasi. Kreativitas tidak memiliki batas, dan dengan berbagai langkah di atas, kita mungkin akan menghasilkan kumpulan icon yang unik, menarik, dan sesuai dengan tujuan.

Komentar