Duplication, Alignment dan Distribution di Inkscape


Inkscape, perangkat lunak grafis vektor memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menduplikasi, menyelaraskan, dan mendistribusikan objek secara efisien. Berikut ini cara mengoptimalkan penggunaan fitur duplication, alignment, dan distribution dalam Inkscape.


Duplication (Duplikasi)

Menduplikasi objek adalah salah satu yang paling umum digunakan dalam Inkscape, dan itu sangat sederhana dilakukan. Cukup gunakan kombinasi tombol Ctrl+D, dan objek yang dipilih akan segera diduplikasi. Duplikat ini ditempatkan tepat di atas dokumen asli dan otomatis dipilih, yang memungkinkan kita untuk menyeretnya menggunakan mouse atau tombol panah.

Untuk melatih penggunaan duplikasi, coba buat sebuah objek dan gandakan objek tersebut dengan menekan tombol Ctrl+D pada keyboard.


Alignment dan Distribution

Ketika menduplikasi objek beberapa kali, kemungkinan besar objek-objek tersebut akan ditempatkan secara acak di atas kanvas. Untuk membuat tata letak yang lebih rapi dan terorganisir, kita dapat menggunakan dialog "Object>Align and Distribute" dengan menekan tombol Shift+Ctrl+A.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih semua objek yang ingin di selaraskan dan didistribusikan (bisa melakukan ini dengan mengklik objek satu per satu dengan menahan tombol Shift atau dengan menyeret kursor untuk memilih semua objek sekaligus).

2. Buka dialog "Object>Align and Distribute".

3. Klik tombol "Center on horizontal axis" untuk menyelaraskan semua objek dengan sumbu horizontal.

4. Kemudian, klik tombol "Distribute horizontally with even horizontal gaps" untuk mendistribusikan objek secara merata dengan jarak yang sama di antara mereka.

Dengan langkah-langkah ini, objek-objek akan tersusun dengan rapi dan memiliki jarak yang seragam di antara satu sama lain. Selain itu, Inkscape juga menyediakan berbagai pilihan alignment dan distribution lainnya yang dapat membantu kita membuat tata letak yang sesuai dengan kebutuhan.

Komentar