Prinsip-prinsip Membuat Icon Set yang Koheren


Menghasilkan sebuah icon set yang koheren merupakan tantangan dalam dunia pembuatan icon. Bahkan, mungkin merupakan salah satu tantangan terbesar yang ada.

Koheren adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesatuan, konsistensi, dan keselarasan antara berbagai elemen atau bagian yang saling berkaitan. Dalam konteks pembuatan icon, "koheren" merujuk pada kemampuan untuk membuat sebuah icon set yang memiliki gaya, ukuran, elemen, dan palet warna yang seragam dan saling menyatu dengan baik. Ketika sebuah icon set dianggap koheren, artinya semua icon di dalamnya terlihat harmonis dan terhubung secara visual, sehingga menciptakan kesan yang seragam dan profesional.


Tetapi mengapa icon harus koheren?

Desain icon jauh lebih dari sekadar simbol grafis yang mewakili objek nyata. Icon adalah bahasa unik di mana setiap icon adalah sebuah kata yang memiliki makna tersendiri. Kita menggunakan icon untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dunia digital seperti halnya berbicara dengan teman-teman di dunia nyata. Menggunakan icon dengan gaya yang berbeda dalam satu set mirip dengan mencampur bahasa yang berbeda dalam satu kalimat.


Berikut ini beberapa prinsip untuk membuat icon set yang koheren:


1. Tetap pada Satu Style

Ini adalah kunci utama jika ingin icon bagus dan konsisten. Jangan mulai membuat icon sampai kita memutuskan style apa yang akan digunakan. Kita dapat memilih dari berbagai style icon yang berbeda, silahkan lihat style icon yang ada pada postingan sebelumnya.

Setelah memutuskan style icon, tetapkan style itu untuk setiap icon set. Icon dengan style yang berbeda terlihat mencolok, tetapi bukan dalam arti yang baik. Ini bisa merusak koherensi, keindahan, dan nilai dari seluruh icon set.

Ketika memutuskan style yang akan digunakan, semua icon dalam set harus dibuat dalam style tersebut. Jangan biarkan icon dengan style yang berbeda mengganggu dan mengacaukan icon lainnya.


2. Pertahankan Style yang Sama

Ini sedikit berbeda dengan menetapkan satu style yang sama.

Setiap style memiliki kepribadian masing-masing. Misalnya, kita dapat membuat ribuan variasi icon, tetapi memilih style yang tepat sama pentingnya. Apakah icon kita akan mendetail atau minimalis? Apakah lebih baik menggunakan garis tebal atau tipis? Atau mungkin berat garis yang berbeda-beda? Bagaimana dengan sudut, apakah mereka harus bulat atau tajam? Apakah akan menggunakan ujung bulat atau tumpul?

Penting: Pikirkan semua detail yang mungkin dari icon set dan tetap menggunakannya sampai akhir. Kita dapat membuat set lain dengan style yang berbeda jika mau, tetapi dalam satu set harus mengikuti style yang sedang dikerjakan.


3. Ukuran Seimbang

Pertahankan ukuran yang sama untuk setiap icon set. Tidak hanya harus dalam bingkai persegi dengan ukuran yang sama, tetapi juga terlihat seimbang.

Bayangkan dua bentuk yang sama ukurannya, lingkaran dan persegi. Persegi selalu terlihat lebih besar karena mengisi lebih banyak ruang. Beberapa perubahan harus diterapkan untuk membuat mereka terlihat sama secara visual. Misalnya, perkecil persegi sedikit.

Tips: Cara bagus untuk memeriksa apakah icon kita terlihat sama ukurannya adalah mencetaknya dan membandingkannya satu sama lain. Entah mengapa, lebih mudah membandingkan icon ketika mencetaknya di atas kertas.


4. Cobalah Menggunakan Grid

Tetapi jangan terlalu sering menggunakannya. Jika kita melihat bahwa icon terlihat tidak seimbang saat mencoba membuatnya dengan grid, abaikan saja!

Ingat, icon set yang bagus memiliki grid, tetapi icon set yang terburuk terlalu berpegang teguh pada grid itu.


5. Gunakan Elemen yang Sama di Seluruh Icon Set

Sederhana saja, jika kita menggunakan lingkaran berukuran 16px dalam satu icon dan membutuhkan lingkaran serupa untuk icon lainnya, cukup salin (copy) saja. Memiliki objek dengan ukuran yang sama dalam set membuatnya terlihat lebih koheren. Dan menyalin elemen dari icon lain akan menghemat banyak waktu.


6. Gunakan Palet Warna yang Sama

Kombinasi warna yang sama harus dipertahankan dalam semua icon set. Memang terkadang kita akan perlu membuat pengecualian dan menambahkan lebih banyak warna, tetapi sebenarnya betapa sedikit warna yang kita butuhkan untuk mewarnai seluruh icon set.


Dan jangan pernah lupakan untuk lebih memilih kejelasan penyampaian icon yang dibuat daripada koherensi. Kejelasan dan kemampuan icon dikenali membuat icon menjadi lebih bermanfaat. Jadi, jangan pernah mengorbankannya atas dasar koherensi.

Komentar