Mengenal Alat Selector Inkscape dan Cara Menggunakannya


Alat Inkscape yang sangat sering digunakan oleh pengguna adalah Selector. Alat ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memilih, memindahkan, menyesuaikan ukuran, dan memanipulasi objek di kanvas. Berikut ini cara menggunakan Alat Selector dalam Inkscape untuk mengedit objek dengan berbagai fitur yang disediakannya.


1. Mengakses Alat Selector

Untuk menggunakan Alat Selector, kita dapat mengikuti beberapa cara. Pertama, kita bisa mengklik tombol paling atas dengan ikon panah pada toolbar. Selain itu, kita juga dapat menekan tombol "S" atau "F1" pada keyboard. Jika sudah menggunakan alat lain, kita dapat beralih ke Alat Selector dengan menekan tombol "Spasi".


2. Memilih Objek

Setelah Alat Selector aktif, kita dapat mulai memilih objek di kanvas dengan mengklik pada objek tersebut.


3. Memindahkan Objek

Untuk memindahkan objek yang telah dipilih, cukup seret objek ke posisi yang diinginkan. Jika ingin membatasi gerakan ke arah horizontal atau vertikal, Anda bisa menekan tombol "Ctrl" sambil menyeret objek.


4. Mengubah Ukuran Objek

Anda juga bisa mengubah ukuran objek dengan menggunakan Alat Selector. Caranya, cukup seret salah satu dari delapan pegangan berbentuk panah yang muncul di sekitar objek yang dipilih. Jika ingin mempertahankan rasio tinggi/lebar asli saat melakukan skalasi, kita bisa menekan tombol "Ctrl" saat menyeret pegangan.


5. Memutar Objek

Inkscape memungkinkan kita untuk memutar objek yang dipilih. Caranya, cukup seret salah satu pegangan sudut objek. Jika ingin membatasi rotasi hingga setiap 15 derajat, kita bisa menekan tombol "Ctrl" saat melakukan rotasi. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tanda silang yang muncul di pusat rotasi untuk menyesuaikan posisi pusat rotasi.


6. Miringkan Objek

Selain memutar, kita juga dapat memiringkan (geser) objek. Caranya, cukup seret salah satu pegangan non-sudut objek. Jika ingin membatasi miring hingga 15 derajat, kita bisa menekan tombol "Ctrl" saat melakukan pergeseran.


Dengan memahami cara menggunakan Alat Selector dalam Inkscape ini, kita akan lebih leluasa dan kreatif dalam mengedit objek-objek grafis.

Komentar